Selasa, 08 Mei 2018

Busana Lurik Masa Kini

Seiring dengan perkembangan dunia mode, banyak desainer yang memanfaatkan kain tradisional Indonesia seperti batik, tenun, dan lurik sebagai koleksinya. Berbicara tentang lurik, kain tersebut kini kembali eksis dan banyak dipakai oleh para pecinta mode, tidak terkecuali juga selebriti.

Awalnya, kain lurik digunakan untuk membuat pakaian pria saat menghadiri acara-acara adat tertentu. Lurik juga dipakai oleh prajurit keraton Yogyakarta hingga para supir andong. Namun kini oleh para percancang busana tersebut, lurik diolah menjadi busana siap pakai yang potongannya lebih kekinian dalam bentuk atasan, celana, rok, blazer, hingga dress.

Mengolah kain lurik menjadi busana modern, lantas adakah tantangan yang dialami para desainer? Desainer Lulu Lutfi Labibi mengungkapkan, tantangan terbesar yang dialaminya adalah mengolah lurik tersebut menjadi satu busana tanpa banyak menggunting kainnya.

"Sebisa mungkin saya tidak menggunting kain, palingan hanya bikin kerung lengan atau kerung leher saja. Menurut saya cara ini cukup bijaksana jadi kainnya tidak terbuang," paparnya saat dihubungi Wolipop, Selasa (29/3/2016).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar